1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing
  2. Lulusan program sarjana yang terakreditasi oleh BAN PT/LAM-PTKes.
  3. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadajaran (PIP Unpad) dengan nilai minimal 500 yang masih berlaku, atau Tes Potensi Akademik (TPA) institusi penyelenggara resmi lainnya yang diakui UNPAD yaitu:
    • PLTI Himpsi; UGM; UNAIR; UI; BAPPENAS
  4. Memiliki sertifikat English Language Test (ELT) UNPAD yang masih berlaku (maksimal 2 tahun) dengan nilai minimal 500, atau tes kemampuan Bahasa Inggris dari institusi penyelenggara resmi yang diakui UNPAD yaitu:
    • International TOEFL
      • (Internet-Based Test) nilai minimal 61;
    • Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) berupa Test of English Proficiency (TOEP) nilai minimal 500;
    • British Council, IALF, dan IDP berupa International English Language Testing System (IELTS) Academi dengan nilai minimal 6.
    • Duolingo English proficiency (https://englishtest.duolingo.com/) dengan nilai minimal 95.
    • English Language Proficiency Test (ELPT) ITB dengan nilai minimal 500.
    • Lembaga The British Institute (TBI) atau English First (EF) berupa test TOEFL dengan nilai minimal 500.
    • Catatan:
      • Pendaftar yang menggunakan sertifikat Bahasa Inggris atau test TOEFL di luar lembaga resmi yang tertulis di atas, akan membutuhkan waktu lama (> 1 bulan) untuk proses verifikasi ke lembaga resmi penyelenggara, sehingga kemungkkinan bagi pendaftar yang eligible tidak akan terpanggil wawancara sesuai sesi seleksi/ gelombang dimana peserta mendaftar.
      • Bagi pendaftar yang tidak eligible untuk wawancara dalam satu sesi seleksi, akan diikutkan ke sesi seleksi berikutnya jika telah memperbaiki/ melengkapi dokumen yang kurang tanpa harus membayar biaya pendaftaran kembali kalau masih dalam gelombang yang sama.
  5. Bagi pendaftar yang mempunyai publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi (Q1) menurut SJR : Scientific Journal Rankings – SCImago sebagai penulis pertama, tidak perlu melampirkan dan mengupload nilai TPA dan TKBI ketika mendaftar.
  6. Memiliki Surat Pernyataan Kesediaan Membimbing dari calon Ketua Promotor;
  7. Memiliki Surat Rekomendasi (Letter of Recommendation) sebanyak 2 (dua) buah;
  8. Mempunyai Surat Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose);
  9. Semua berkas di lampirkan atau di upload di laman SMUP ketika melakukan pendaftaran.

Program Doktor Gelombang II Tahun Akademik 2024/2025

Update: 24 September 2024

No. Fakultas Jenjang Program Studi Konsentrasi Daya Tampung
1 Hukum Doktor Hukum Ilmu Hukum 20
2 Ekonomi dan Bisnis Doktor Akuntansi Ilmu Akuntansi 10
3 Ekonomi dan Bisnis Doktor Ekonomi Ilmu Ekonomi 10
4 Ekonomi dan Bisnis Doktor Manajemen Ilmu Manajemen 10
5 Kedokteran Doktor Ilmu Kedokteran Ilmu Kedokteran 30
6 MIPA Doktor Kimia Ilmu Kimia 5
7 MIPA Doktor Matematika Matematika Murni dan Terapan 5
8 Pertanian Doktor Ilmu Pertanian Ilmu Pertanian 30
9 Kedokteran Gigi Doktor Ilmu Kedokteran Gigi Ilmu Kedokteran Gigi 10
10 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Hubungan Internasional Hubungan Internasional 10
11 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Hubungan Internasional Ilmu Politik 10
12 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Administrasi Administrasi Publik 20
13 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Administrasi Administrasi Bisnis 15
14 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Administrasi Ilmu Pemerintahan 15
15 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Kesejahteraan Sosial Kesejahteraan Sosial 10
16 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Sosiologi Sosiologi 10
17 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Doktor Sosiologi Antropologi 10
18 Ilmu Budaya Doktor Sastra Filologi 20
19 Ilmu Budaya Doktor Sastra Linguistik
20 Ilmu Budaya Doktor Sastra Sastra Kontemporer
21 Ilmu Budaya Doktor Sastra Kajian Budaya
22 Ilmu Budaya Doktor Sastra Sejarah
23 Psikologi Doktor Psikologi Psikologi 15
24 Peternakan Doktor Peternakan Ilmu Peternakan 30
25 Ilmu Komunikasi Doktor Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi 15
26 Teknologi Industri Pertanian Doktor Teknologi Agroindustri Teknologi Industri Pertanian 10
27 Sekolah Pascasarjana Doktor Ilmu Lingkungan Manajemen SDA-LH 40
28 Sekolah Pascasarjana Doktor Ilmu Lingkungan Ilmu Lingkungan 40
29 Sekolah Pascasarjana Doktor Bioteknologi Ilmu Bioteknologi 15
30 Farmasi Doktor Farmasi Farmasi 20
31 Teknik Geologi Doktor Teknik Geologi Teknik Geologi 5
32 Keperawatan Doktor Keperawatan Keperawatan 10
  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.
  2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
    • Nama Lengkap
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK) / No. Passport
    • Alamat E-Mail
    • Nomor Ponsel
    • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP.
    • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
    • Identitas diri, alamat, data asal pendidikan, data pekerjaan, pilihan jenjang dan program studi.
  3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:
    1. Ijazah program Magister
    2. Transkrip program Magister
    3. Sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA): Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadajaran (PIP Unpad), PLTI Himpsi, UGM, UNAIR, UI, BAPENNAS. Jika anda ingin mengikuti TKA Online yang diselenggarakan oleh PIP Unpad, silahkan akses http://pip.unpad.ac.id/announcement/Tes-Kemampuan-Akademik-TKA
      Apabila Anda mendaftar untuk mengikuti ujian TKA di PIP Universitas Padjadjaran, mohon perhatikan petunjuk di bawah ini :
      Informasi prosedur dan jadwal Tes Kemampuan Akademik di Pusat Inovasi Psikologi UNPAD
    4. Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang dapat berupa salah satu dari tes berikut:
      1. International TOEFL (Internet-Based Test); International English Language Testing System (IELTS) Academic;
      2. International English Testing System (IELTS) dari institusi seperti British Council, IALF, atau IDP
      3. Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) UNPAD
      4. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI)
      5. Jika Anda ingin mengikuti TKBI Online yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Unpad, silahkan akses laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/ . Apabila Anda mendaftar untuk mengikuti ujian TKBI Online di Universitas Padjadjaran dan telah melakukan pembayaran biaya ujian TKBI Online, mohon perhatikan petunjuk berikut : Tata Tertib Peserta TKBI Online SMUP / Panduan Singkat/ User Manual Ujian TKBI Online SMUP.
    5. Dokumen TKA dan TKBI di No. 3 dan No. 4 dapat diganti dengan mengupload publikasi makalah di jurnal internasional bereputasi Q1 menurut SJR : Scientific Journal Rankings – SCImago sebagai penulis pertama.
    6. Statement of Purpose (Pernyataan Tujuan) dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang memuat hal sebagai berikut:
      1. Perkenalkan diri, minat dan motivasi Anda (Introduce yourself, your interests and motivations.)
      2. Jelaskan dengan singkat perjalanan studi sarjana dan pascasarjana Anda (Summarize your undergraduate and previous graduate career)
      3. Diskusikan relevansi dari aktivitas dan kegiatan Anda belakangan ini (Discuss the relevance of your recent and current activities)
      4. Jelaskan minat akademis Anda (Elaborate on your academic interests)
    7. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
    8. Kartu Tanda Penduduk
    9. Kartu Keluarga
    10. Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan diverifikasi oleh panitia seleksi.
  4. Mendapatkan persetujuan dari calon promotor dengan cara :
    1. Peserta mencari calon promotor yang sesuai dengan tema penelitiannya melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dan akses menu “Direktori Kepakaran”.
    2. Peserta mengisi submission form untuk mendapatkan alamat kontak dari calon promotor.
    3. Panitia SMUP mengirimkan informasi kontak calon promotor kepada peserta seleksi melalui alamat email atau nomor telepon seluler dan juga mengirimkan notifikasi dan informasi peserta kepada calon promotor.
    4. Peserta menghubungi calon promotor yang memiliki topik penelitian yang sesuai dengan rencana penelitiannya.
    5. Peserta mendiskusikan topik penelitian dengan calon promotor melalui media apapun.
    6. Calon promotor memberikan penilaian terhadap proposal penelitian yang diajukan dan memberikan kesediaan membimbing.
    7. Persetujuan dari Calon Promotor (LoA) hanya berlaku 1 (satu) tahun sejak tanggal disetujui.
  5. Setelah mengupload semua dokumen, peserta membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh setelah mengupload semua dokumen pada saat pendaftaran online sebesar Rp. 750.000.
  6. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login

Dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Kinerja akademik sebelumnya
  • Nilai Tes Kemampuan Akademik dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris
  • Kesediaan calon promotor
  • Hasil wawancara dengan calon promotor
  • Motivasi dan potensi akademik yang diperoleh dari isi Statement of Purpose

Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi.

Update: 11 September 2024

Gelombang II Tahun Akademik 2024/2025
Pendaftaran 11 September 2024 – 19 Januari 2025
Ujian/Wawancara Akan dihubungi oleh Fakultas apabila Eligible
Penetapan Kelulusan September 2024 s.d. Januari 2025

Kami informasikan pada Gelombang II tidak akan dibagi dalam beberapa sesi dan pendaftaran akan dibuka selama periode di atas. Penetapan kelulusan akan dilakukan selama Periode September 2024 s.d. Januari 2025 bagi peserta yang sudah memenuhi syarat/eligible.

Peserta lulus seleksi, untuk mendapatkan LoA silahkan mengajukan permohonan dengan menyertakan Nama, Nomor Peserta, Program Studi ke email dir.pendidikan@unpad.ac.id ditujukan kepada Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Universitas Padjadjaran.

BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (BPP) MAHASISWA PROGRAM DOKTOR (S3) UNIVERSITAS PADJADJARAN TAHUN AKADEMIK 2024/2025

NOFAKULTASPROGRAM STUDI BPP PER SEMESTER (RP)IURAN PENGEMBANGAN INSTITUSI (IPI)
(RP)
1HukumHukumReguler 20,000,000
2Ekonomi dan BisnisIlmu EkonomiReguler 17,000,000
Ilmu ManajemenReguler 17,000,000
Ilmu AkuntansiReguler 20,000,000
3KedokteranKedokteran 22,500,000
4MIPAKimia (By Research) 14,000,000
Matematika (By Research) 13,500,000
5PertanianIlmu Pertanian 13,000,000
6Kedokteran GigiKedokteran GigiReguler 20,000,000 10,000,000
Kerjasama 25,000,000 10,000,000
7Ilmu Sosial dan PolitikSosiologi 14,500,000
Ilmu Administrasi 14,500,000
Hubungan Internasional 14,500,000
Kesejahteraan Sosial 14,500,000
8Ilmu BudayaSastra Reguler 10,000,000
9PsikologiPsikologi Reguler 20,000,000
Joint Degree 30,000,000
10PeternakanPeternakan 13,000,000
11Ilmu KomunikasiIlmu KomunikasiReguler 21,000,000
Fast Track 15,000,000
Alumni Prominent 17,500,000
12Ilmu Keperawatan Keperawatan 20,000,000
14Teknologi Industri PertanianTeknologi Agroindustri 15,000,000
15FarmasiFarmasiReguler 13,500,000
14Teknik GeologiTeknik Geologi 16,000,000
16PascasarjanaIlmu LingkunganReguler 15,000,000
BioteknologiReguler 15,000,000

Peserta yang dinyatakan eligible akan dihubungi pihak Fakultas/Program Studi melalui Nomor Telepon atau Whatsapp atau Email, pastikan semuanya Aktif.