Untuk melanjutkan studi di Program Sarjana Terapan, Sarjana, Magister dan Doktor di Universitas Padjadjaran, dapat menggunakan pendanaan dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Beasiswa Pendidikan Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri.

Pendaftaran beasiswa dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi https://beasiswa.kemdikbud.go.id/

Saat ini Universitas Padjadjaran membuka penerimaan mahasiswa yang didanai oleh Beasiswa Pendidikan Indonesia. Peserta yang memperoleh Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat memulai perkuliahan paling cepat pada bulan Agustus tahun 2021.

  1. Beasiswa Prestasi Talenta (Sarjana)
    Beasiswa Prestasi Talenta untuk S1 merupakan penghargaan yang diberikan kepada peserta didik berprestasi di tingkat nasional dan internasional pada bidang sains, riset dan teknologi, bidang seni, budaya dan literasi, bidang vokasi dan kewirausahaan serta bidang olahraga dan kebugaran jasmani. Kemudian penghargaan kepada peserta didik pra-sejahtera berprestasi akademik non pemegang kompetisi yang berhasil diterima di 15 perguruan tinggi utama dunia yang ditetapkan oleh LPDP sebagai bentuk fasilitasi pengembangan karir belajar dan karir profesional talenta emas Indonesia dalam kerangka Manajemen Talenta Nasional dengan mengacu pada skala prioritas berdasarkan kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik (PTA) Dalam Negeri
    Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik, selanjutnya disebut Beasiswa Pendidikan Dosen PTA, adalah beasiswa jenjang pascasarjana bagi dosen tetap dan Warga Negara Indonesia lulusan sarjana atau diploma empat yang berkomitmen tinggi menjadi dosen Perguruan Tinggi Akademik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan.
  3. Beasiswa Pelaku Budaya (Magister dan Doktor)
    BeasiswaPendidikan Indonesia Reguler Pelaku Budaya selanjutnya disebut Beasiswa Pelaku Budaya adalah beasiswa jenjang sarjana, magister dan doktor yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang aktif di bidang kebudayaan melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu syarat untuk berkuliah di Universitas Padjadjaran dengan menggunakan pendanaan Beasiswa Pendidikan Indonesia adalah dengan mempunyai dokumen LoA Unconditional yaitu surat resmi dari Universitas Padjadjaran (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di Universitas Padjadjaran dengan tanpa persyaratan lagi yang memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta intake studi.

Prosedur Mendapatkan LoA

  1. Melakukan pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Jalur Reguler dengan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id dan peserta wajib mengisi form online pada tautan http://bit.ly/BPI_Unpad
  2. Persyaratan dan tata cara pendaftaran ke program Sarjana dapat diperoleh di laman http://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/
  3. Persyaratan dan tata cara pendaftaran ke program Magister dapat diperoleh di laman http://smup.unpad.ac.id/magister/
  4. Persyaratan dan tata cara pendaftaran ke program Doktor dapat diperoleh di laman http://smup.unpad.ac.id/program-doktor/
Daftar Program Studi yang ditawarkan untuk Jenis Beasiswa Prestasi Talenta S1 https://beasiswa.kemdikbud.go.id/assets/syarat/degree/s1/daftar_prodi_pt_S1.pdf

Daftar Program Studi yang ditawarkan untuk Jenis Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik (PTA) Dalam Negeri adalah :

No. Jenjang Program Studi
1 Magister(S2) AdministrasiPublik
2 Magister(S2) EkonomiTerapan
3 Magister(S2) Farmasi
4 Magister(S2) IlmuEkonomi
5 Magister(S2) IlmuHukum
6 Magister(S2) IlmuKedokteran Dasar
7 Magister(S2) IlmuKesejahteraan Sosial
8 Magister(S2) IlmuKomunikasi
9 Magister(S2) IlmuLingkungan
10 Magister(S2) IlmuPeternakan
11 Magister(S2) IlmuPolitik
12 Magister(S2) KajianBudaya
13 Magister(S2) Kenotariatan
14 Magister(S2) Manajemen
15 Magister(S2) Sosiologi
16 Magister(S2) PsikologiProfesi
17 Doktor(S3) IlmuAdministrasi
18 Doktor(S3) IlmuEkonomi
19 Doktor(S3) IlmuHukum
20 Doktor(S3) IlmuKedokteran
21 Doktor(S3) IlmuKesejahteraan Sosial
22 Doktor(S3) IlmuKimia
23 Doktor(S3) IlmuKomunikasi
24 Doktor(S3) IlmuPertanian
25 Doktor(S3) IlmuPeternakan
26 Doktor(S3) IlmuPsikologi
27 Doktor(S3) IlmuSastra
28 Doktor(S3) IlmuSosiologi
29 Doktor(S3) TeknikGeologi

Beasiswa Dosen PTA dan Pelaku Budaya

No. Kegiatan Tanggal
1. Masapembayaran biaya pendaftaran 29 Maret – 23Juni 2021 Jam 15.00 WIB
2. Masaisi data, unggah dokumen persyaratan dan finalisasi pendaftaran 29 Maret – 23 Juni2021 Jam 15.00 WIB
3. TesWawancara (Jika Diperlukan), bagi Pendaftar Beasiswa Dosen PTA dan PelakuBudaya 26 – 27 Juni2021
4. Pengumuman hasil seleksi (Penerbitan LoA Unconditional) 29 Juni 2021
5. PenutupanPendaftaran Beasiswa Dosen PTA dan Pelaku Budaya di laman Kemdikbud 30 Juni 2021

 

Beasiswa Talenta S1

No. Kegiatan Tanggal
1. Masapembayaran biaya pendaftaran 29 Maret – 10Juni 2021 Jam 15.00 WIB
2. Masaisi data, unggah dokumen persyaratan dan finalisasi pendaftaran 29 Maret – 10 Juni2021 Jam 15.00 WIB
3. Pengumuman hasil seleksi (Penerbitan LoA Unconditional) 16 Juni 2021
4. PenutupanPendaftaran Beasiswa Talenta S1 di laman Kemdikbud 30 Juni 2021