TATA CARA REGISTRASI DAN UNGGAH DOKUMEN SECARA DARING

CALON MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA TERAPAN JALUR SMUP TAHUN 2021

Para peserta SMUP Program Sarjana Terapan Tahun 2021 yang dinyatakan lulus seleksi ke Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2021/2022 wajib melaksanakan registrasi dan unggah dokumen secara  daring dengan langkah-langkah sebagai sebagai berikut :

  1. Melengkapi biodata dan unggah dokumen yang tersedia di laman  https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai tanggal  27 Juli sampai dengan 3 Agustus 2021.
  2. Calon mahasiswa dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ dan harus melakukan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk mulai tanggal 4 sampai dengan 9 Agustus 2021.
  3. Setelah pembayaran diterima, Universitas Padjadjaran akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan KTM Digital ke masing-masing mahasiswa baru paling lambat tanggal 11 Agustus 2021.

Dokumen-dokumen yang harus diunggah secara daring oleh calon mahasiswa adalah sebagai berikut :

  1. Ijazah Asli atau Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK/setara (scan asli);
  2. Kartu Keluarga (scan asli);
  3. Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) yang asli, bagi calon mahasiswa yang memiliki dan telah mendaftar;
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (scan asli);
  5. Surat Keterangan Bebas Buta Warna (scan asli) bagi calon mahasiswa :
    1. Fakultas Kedokteran,
    2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan
    3. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan;
  6. Bukti penghasilan kedua orang tua/wali yang memiliki penghasilan tetap ATAU Surat Keterangan Penghasilan bagi orang tua/wali yang tidak memiliki penghasilan tetap dan disahkan oleh Kepala Desa/Kelurahan setempat bagi Calon Mahasiswa KIP-K;
  7. Rekening Listrik Terbaru dan Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) terbaru bagi Calon Mahasiswa KIP-K.
  8. File pas foto berformat JPG maksimum berukuran 1MB, dengan latar belakang warna putih dan menggunakan kemeja dengan blazer berwarna gelap.
  9. KTP/Kartu Siswa (scan asli);
  10. Akte Kelahiran (scan asli);
  11. Dokumen bagi Peserta KIP-K, yaitu Berkas Unduh Pendaftaran KIP-K, Surat Permohonan KIP-K, Surat Pernyataan Peserta KIP-K, Surat Permohonan Asrama, Formulir Verifikasi KIP-K;
  12. Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki;
  13. Pengisian pernyataan disclaimer terkait hasil pengisian Biodata Mahasiswa Baru dan Orang tua/Wali Mahasiswa Baru;
  14. Bagi peserta yang bukan penerima KIP Kuliah harus mengunggah Formulir Kesanggupan untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000,- (format dapat diunduh);
  15. Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- (format dapat diunduh).

Berikut ini adalah tata cara atau ketentuan tambahan dalam melakukan registrasi :

  1. Dokumen persyaratan registrasi yang diunggah harus berupa format digital (JPG atau PDF) dengan ukuran file maksimal adalah  1MB, kecuali pas foto harus dengan format JPG.
  2. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa dan akan menghubungi ke nomor handphone atau alamat email yang bersangkutan jika menemukan dokumen yang tidak valid.
  3. Calon mahasiswa non KIP-K (reguler) harus membayar uang kuliah di salah satu bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran. Bank-bank tersebut adalah :
    1. Bank BCA, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
    2. Bank BJB, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
    3. Bank BNI, melalui ATM, Teller, Mobile Banking atau Internet Banking.
    4. Bank BRI, melalui ATM, Teller, atau Agen BRILink.
    5. Bank BTN, melalui ATM atau Teller.
    6. Bank Mandiri, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
    7. Bank Syariah Indonesia (ex Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah), melalui Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
    8. Bank Bukopin Syariah, melalui ATM atau Teller.
  4. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun juga.
  5. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) diberikan kepada calon mahasiswa setelah semua ketentuan terpenuhi, dan bagi calon mahasiswa yang tidak melaksanakan salah satu persyaratan dan ketentuan di atas sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Padjadjaran.

Sejak tahun 2019, Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan seleksi mandiri untuk penerimaan calon mahasiswa Program Sarjana Terapan. Pada tahun 2021 seleksi dilakukan melalui ujian secara daring.

Persyaratan Umum

Persyaratan dan Ketentuan Bagi Peserta SMUP Jalur Mandiri :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021 atau Lulusan Paket C dengan umur maksimal 25 tahun.
  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.
  2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
    • Nama Lengkap
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • Alamat E-Mail
    • Nomor Ponsel
    • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
    • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
  3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:
    • Ijazah SMA/MA/SMK/Paket C
    • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
    • Kartu Tanda Penduduk
    • Kartu Keluarga
  4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online.
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-.
  6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  7. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Pelaksanaan ujian secara daring ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Untuk mengikuti ujian daring, peserta harus menggunakan perangkat berupa laptop atau komputer PC dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:

Perangkat Keras

Jenis Laptop atau Komputer PC
Sistem Operasi Windows: 7,8,10
CPU intel i3 atau diatas nya
RAM 4 GB
WebCam Ada dan berfungsi baik
Penyimpanan Bebas (Free Disk Space) > 1 GB
Internet 1 Mbps dengan kuota internet 2 GB
Perangkat Lunak

  1. Panduan Instalasi Aplikasi Ujian SMUP: Download
  2. Aplikasi Safe Exam Browser: Download
  3. Aplikasi Ujian Unpad: Download
  4. Panduan Singkat Ujian Online Untuk Peserta SMUP: Download
  5. Tata Tertib Ujian: Download


note : peserta hanya diperbolehkan menghubungi nomor helpdesk yang tercantum
Video Panduan

No Kegiatan Tanggal
1 Pengumuman Pembukaan Jalur Mandiri 15 Maret 2021
2 Pembayaran Biaya Seleksi 22 Maret – 5 Juli 2021 (23:59 WIB)
3 Masa Isi Data dan Unggah Dokumen Persyaratan 22 Maret – 5 Juli 2021 (23:59 WIB)
4 Simulasi Ujian (Jadwal akan disampaikan melalui SMS) 13 Juli 2021
5 Pelaksanaan Ujian Seleksi 15 Juli 2021
6 Pengumuman 22 Juli 2021
Simulasi Ujian

Tgl 13 Juli 2021
Pembagian Sesi dan Waktu untuk simulasi sama seperti table ujian dibawah ini

Pelaksanaan Ujian

Tgl 15 Juli 2021

Sesi 1
Pukul : 08:00-10:00 WIB
No Peserta : 671210001 s.d 671214915
Sesi 2
Pukul : 11:00-13:00 WIB
No Peserta : 671214916 s.d 671219830
Nomor Program Studi Fakultas
1 Akuntansi Perpajakan Ekonomi dan Bisnis
2 Akuntansi Sektor Publik Ekonomi dan Bisnis
3 Bisnis Internasional Ekonomi dan Bisnis
4 Pemasaran Digital Ekonomi dan Bisnis
5 Kebidanan Kedokteran
6 Teknologi Industri Kimia Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
7 Agrotekno-preneur Pertanian
8 Administrasi Keungan Publik Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
9 Administrasi Pemerintahan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
10 Bisnis Logistik Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
11 Kearsipan Digital Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
12 Bahasa dan Budaya Tiongkok Ilmu Budaya
13 Manajemen Produksi Media Ilmu Komunikasi
14 Pariwisata Bahari Perikanan dan Ilmu Kelautan
No Fakultas Program Studi UKT/Semester (RP) Dana Pengembangan (RP)
1 Ekonomi dan Bisnis Akuntansi Perpajakan 8.000.000 25.000.000
2 Ekonomi dan Bisnis Akuntansi Sektor Publik 8.000.000 25.000.000
3 Ekonomi dan Bisnis Bisnis Internasional 8.000.000 25.000.000
4 Ekonomi dan Bisnis Pemasaran Digital 8.000.000 25.000.000
5 Kedokteran Kebidanan 10.000.000
6 Pertanian Agrotekno-preneur 8.000.000
7 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Administrasi Keuangan Publik 8.000.000
8 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Administrasi Pemerintahan 8.000.000
9 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bisnis Logistik 8.000.000
10 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kearsipan Digital 8.000.000
11 Ilmu Budaya Bahasa dan Budaya Tiongkok 8.000.000
12 Ilmu Komunikasi Manajemen Produksi Media 9.000.000
13 Perikanan dan Ilmu Kelautan Pariwisata Bahari 8.000.000 25.000.000
14 Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Teknologi Industri Kimia 8.000.000 30.000.000