Persyaratan Program Magister

Penjelasan Umum :

  1. Seleksi calon mahasiswa Program Magister Unpad dilakukan melalui mekanisme Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).
  2. Proses seleksi terdiri atas seleksi administrasi dan ujian wawancara.
  3. Seleksi Program Magister Gelombang I Tahun Akademik 2017/2018 tidak terdapat ujian tertulis.
  4. Pendaftaran dan pengisian form online SMUP dapat dilakukan setelah peserta memperoleh nilai Test Kemampuan Akademik (TKA), Test Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) dan telah melakukan pembayaran Biaya Seleksi.

Persyaratan Pendaftaran :

  1. Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti.
  2. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm (upload pada saat mendaftar online).
  3. Memiliki ijazah S1 (Foto kopi ijazah yang telah dilegalkan dibawa ketika ujian wawancara)
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) calon mahasiswa (Transkrip akademik yang telah dilegalkan wajib dibawa ketika ujian wawancara). IPK S1 minimum 2,75 untuk pendaftar Program Magister.
  5. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari BPIP Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
  6. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang dikeluarkan dari Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran atau sertifikat ELT Pusat Bahasa FIB Unpad, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS.
  7. Mengunggah Ringkasan Proposal Usulan Penelitian untuk Tesis ketika mendaftar online. Ringkasan Usulan Peneltian memuat judul, latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode penelitian. Ringkasan tidak lebih dari 350 kata.
  8. Menyerahkan proposal lengkap sebanyak 2 (dua) eksemplar ketika ujian wawancara.
  9. Disarankan memiliki Surat Rekomendasi dari 1 orang (Profesor atau Lektor Kepala dengan gelar minimum doktor sesuai bidang ilmunya atau atasan tempat Perserta bekerja). Surat Rekomendasi dibawa ketika ujian wawancara.
  10. Peserta seleksi mengisi form untuk pembayaran pendaftaran SMUP di Bank Mandiri, BNI dan BRI dan melakukan pendaftaran secara online.

Persyaratan penerimaan calon peserta Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar (S2 IKD) Fakultas Kedokteran, menerima calon mahasiswa lulusan Diploma 4 (D4) dari Rumpun Ilmu Kesehatan.

PERSYARATAN BAGI PENDAFTAR PROGRAM STUDI MAGISTER KEBIDANAN

  1. Lulusan D-4 Kebidanan dengan pengalaman kerja sebagai Dosen Kebidanan minimal 2 tahun setelah lulus dari D-4 kebidanan dengan bukti :
    1. Melampirkan ijazah D-4 Kebidanan minimal tahun 2015
    2. Melampirkan surat keterangan mengajar dari Institusi Pendidikan dengan masa kerja 2 tahun
  2. IPK D-4 kebidanan ≥ 2,75. ( melampirkan foto copy transkrip akademik yang dilegalisir).
  3. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang dikeluarkan dari Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran atau Sertifikat ITP, IBT atau IELTS.
  4. Memiliki sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP) Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
  5. Memiliki pengalaman kerja di bidang pelayanan klinik kebidanan setelah lulus D-3 Kebidanan minimal 1 tahun (dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari Rumah sakit/klinik tempat kerja yang berada dibawah tanggung jawab Dokter SpOG/Sp.A).
  6. Surat ijin dari suami untuk mengikuti pendidikan bagi yang sudah menikah.
  7. Surat ijin dari pimpinan institusi pendidikan untuk mengikuti pendidikan.

Disarankan tema atau topik riset proposal usulan penelitian sejalan dengan lima bidang riset unggulan RIP Universitas atau Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran atau Program Studi Magister Kebidanan.

PERSYARATAN BAGI PENDAFTAR PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Selain persyaratan yang telah ditentukan oleh Universitas Padjadjaran, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan khusus program studi sebagai berikut :

  1. Lulusan Program Studi S1 dalam bidang kesehatan yang terakreditasi BAN PT dan/atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi sertifikat akreditasi pada saat wawancara).
  2. Lulusan Program Studi S1 di luar bidang kesehatan dan Lulusan D4 dalam bidang kesehatan (silahkan hubungi sekretariat program untuk informasi lebih lanjut) yang terakreditasi BAN PT dan/atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi sertifikat akreditasi pada saat wawancara) dengan pengalaman kerja pada institusi penyelenggara kesehatan, pelayanan kesehatan, atau pendidikan kesehatan minimal selama 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi tempat calon mahasiswa bekerja.
  3. IPK calon mahasiswa (dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisasi pada saat wawancara) :
    1. lulusan program studi S1 dan lulusan D4 dalam bidang kesehatan, minimum 2,75 dalam skala 4 atau setara
    2. lulusan program studi S1 diluar bidang kesehatan, minimum 3,00 dalam skala 4 atau setara
  4. Untuk calon mahasiswa lulusan D4 dalam bidang kesehatan, disarankan memiliki bukti publikasi karya ilmiah yang diserahkan pada saat wawancara
  5. Memiliki Surat Rekomendasi dari 1 (satu) orang profesor atau lektor kepala dengan gelar minimum doktor sesuai bidang ilmu dari perguruan tinggi asal atau tempat bekerja calon mahasiswa (Surat Rekomendasi diserahkan ketika wawancara).
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya (dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna dari Institusi Pelayanan Kesehatan Pemerintah dan diserahkan pada saat wawancara)
  7. Bagi calon mahasiswa yang telah bekerja, harus memiliki Surat Persetujuan/Izin Belajar dari Atasan Langsung (diserahkan pada saat wawancara)

PERSYARATAN BAGI PENDAFTAR MAGISTER FARMASI KLINIK

Khusus Konsentrasi Farmasi Klinik dan Farmasi Rumah Sakit, harus memiliki Ijazah Apoteker.