Persyaratan dan Kriteria Penilaian

Persyaratan:

  1. Persyaratan sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi ini adalah SMA/MA/SMK negeri maupun swasta.
  2. Siswa SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2019, 2018, 2017 dan 2016.
  3. Peserta didik kejar paket C tahun 2019 dan lulusan kejar paket C tahun 2016, 2017 dan 2018.
  4. Lulusan sekolah luar negeri yang sudah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Peserta sudah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan dengan bukti ijazah SMA/MA/SMK, kecuali bagi siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2019, ijazah dapat diganti dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah sementara.
  6. Peserta dapat memilih Program Studi lintas Kelompok Ujian (Saintek dan Soshum) saat di SMA/MA/SMK. Peserta diperkenankan memilih 2 (dua) Program Studi di setiap Kelompok Ujian.
  7. Bagi peserta yang berasal dari keluarga tidak mampu harus memiliki salah satu dari kartu berikut ini:
    1. Kartu Indonesia Pintar (KIP)
    2. Kartu Program Keluarga Harapan (KPKH)
    3. Kartu Jakarta Pintar (KJP)
    4. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  8. Khusus Program Studi Kebidanan, membawa tes hasil pemeriksaan, tes buta warna, tes lab HBsAg, Anti HBsAg dan Anti HIV pada saat tes tahap 2 wawancara

Kriteria Penilaian:

  1. Seleksi terbagi menjadi 2 (dua) Kelompok Ujian, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosio-Humaniora (Soshum).
  2. Terdapat 2 (dua) Tahap Seleksi:
    1. Tahap Pertama (diikuti oleh seluruh pendaftar) adalah ujian dengan sistem Mobile Assisted Testing (MAT) melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua ujian, yaitu:
      • Tes Kompetensi Skolastik (TPS) yang akan menguji Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
      • Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang akan mengujikan mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih, seperti Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi untuk kelompok Saintek, serta Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi untuk kelompok Soshum.
    2. Tahap Kedua (diikuti oleh peserta yang lolos pada Tahap Pertama, yang mana pesertanya hanya sejumlah dua kali dari daya tampung). Seleksi pada Tahap Kedua ini adalah TOEFL-like dan Tes Wawancara dengan model wawancara mini Multiple Mini Interview (MMI). Selain itu terdapat Tes Khusus yang dilakukan oleh Fakultas tertentu, yaitu tes Minessota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Prodi Kebidanan pada Fakultas Kedokteran serta Tes Kemampuan Berenang untuk Prodi Pariwisata Bahari pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.