Pendaftaran Program Magister

Jadwal Pendaftaran : Tanggal 22 Februari 2017 Jam 12.00 WIB s.d. 23 Mei 2017 Jam 23.59 WIB

  1. Peserta akses ke laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk melakukan sign-up ke portal perserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah :
    1. Nama
    2. Nomor Ponsel
    3. Alamat Email
    4. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    5. Tanggal lahir
    6. Alamat domisili
    7. Pendidikan Terakhir
    8. Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  2. Melakukan pendaftaran Test Kemampuan Akademik (TKA)/Test Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). Peserta memilih jadwal pelaksanaan test dan harus mengikuti jadwal test sesuai dengan jadwal yang telah dipilih di dalam sistem pendaftaran SMUP.
  3. Calon peserta yang memiliki sertifikat ELT Pusat Bahasa FIB Unpad atau sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berstandar Internasional (TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS) yang masih berlaku tidak diwajibkan mengikuti TKBI. Calon peserta mengunggah sertifikat ELT, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS melalui laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk dikonversi oleh Pusat Bahasa FIB Unpad.
  4. Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya penyelenggaraan TKA/TKBI, kemudian klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan test ke Bank Mandiri, BNI dan BRI.
  5. Setelah membayar, peserta memperoleh nomor peserta dan kartu peserta TKA/TKBI. Peserta selanjutnya mencetak Kartu Peserta tersebut.
  6. Peserta mengikuti test TKA/TKBI sesuai dengan jadwal yang dipilih pada saat pendaftaran, dengan membawa Kartu Peserta TKA/TKBI, KTP, dan Bukti Pembayaran TKA/TKBI.
  7. Maksimal 7 (tujuh) hari kerja sejak pelaksanaan TKA/TKBI, nilai akan didapatkan dan tercantum dalam portal peserta SMUP. Diharapkan peserta login secara berkala untuk cek nilai test.
  8. Setelah nilai tercantum dalam portal peserta SMUP, maka selanjutnya peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk. Proses pendaftaran dan memilih prodi dapat dilakukan setelah membayar biaya seleksi.
  9. Simpan dengan baik bukti pembayaran yang dimiliki.
  10. Mohon diperhatikan pada saat pembayaran di Bank, jelaskan jenjang Magister yang dipilih pada Teller Bank. Periksa kembali jenjang yang dipilih pada bukti pembayaran dari Bank tersebut. Kesalahan dalam pembayaran biaya seleksi menjadi tanggung jawab calon peserta.
  11. Peserta login kembali ke laman pendaftaran (pendaftaran.unpad.ac.id) dengan menggunakan NIK dan Password yang telah dibuat pada saat sign-up (Point 1).
  12. Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
    1. Data pribadi lengkap
    2. Data asal pendidikan
    3. Ringkasan dan proposal usulan penelitian
    4. Pilihan program studi
  13. Men-scan pas foto berwarna 3×4 dengan ukuran maksimum 100 kbyte dan format JPG.Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal. Tata cara mengubah ukuran foto dapat di download disini.
  14. Pengisian Biodata hanya diijinkanSATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  15. Setelah pengisian biodata online, calon peserta diharuskan untuk :
    1. Mencetak Biodata dan Pernyataan menggunakan kertas ukuran A4.
    2. Melengkapi isian Biodata dan Pernyataan tersebut.

Pembayaran Biaya Seleksi untuk program Magister sampai dengan tanggal 22 Mei 2017 (sesuai jam kerja Bank)
Biaya Formulir Program Magister: Rp. 600.000,00