TATA CARA REGISTRASI DAN UNGGAH DOKUMEN SECARA DARING CALON MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN

Para peserta SNMPTN 2020 yang dinyatakan lulus seleksi ke Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2020/2021 wajib melaksanakan registrasi dan unggah dokumen secara  daring dengan langkah-langkah sebagai sebagai berikut :

  1. Melengkapi biodata dan unggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai tanggal  13 sampai dengan 24 April 2020 sampai dengan pukul 17.00 WIB.
  2. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa (termasuk pendaftar KIP-Kuliah) mulai tanggal 15 April sampai dengan 11 Mei 2020.
  3. Calon mahasiswa dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ dan harus melakukan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk mulai tanggal 13 Mei 2020 sampai dengan 2 Juni 2020.
  4. Setelah pembayaran diterima, Universitas Padjadjaran akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa melalui surat elektronik ke masing-masing mahasiswa baru mulai tanggal 3 sampai dengan 10 Juni 2020.

Dokumen-dokumen yang harus diunggah secara daring oleh calon mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta SNMPTN (asli);
  2. KTP/Kartu Siswa (asli);
  3. Kartu Keluarga (asli);
  4. Akte Kelahiran (asli);
  5. Ijazah Asli atau Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK/setara;
  6. Rapor Asli SMA/MA/SMK/setara (Halaman depan yang tertera nama calon mahasiswa serta halaman penilaian semester 1 s.d. 5 atau semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun);
  7. Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) yang asli, bagi calon mahasiswa yang memiliki dan telah mendaftar/Bukti Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang asli;
  8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
  9. Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa program studi :
    1. Kedokteran
    2. Kedokteran Hewan
    3. Matematika (minimal tidak buta warna parsial)
    4. Kimia
    5. Fisika (minimal tidak buta warna parsial)
    6. Biologi (minimal tidak buta warna parsial)
    7. Statistika (minimal tidak buta warna parsial)
    8. Geofisika
    9. Teknik Informatika
    10. Teknik Elektro (minimal tidak buta warna parsial)
    11. Ilmu Aktuaria (minimal tidak buta warna parsial)
    12. Agroteknologi
    13. Agribisnis
    14. Kedokteran Gigi
    15. Psikologi
    16. Peternakan
    17. Peternakan PSDKU Pangandaran
    18. Keperawatan
    19. Keperawatan PSDKU Pangandaran
    20. Perikanan
    21. Ilmu Kelautan
    22. Perikanan PSDKU Pangandaran
    23. Teknik Pertanian
    24. Teknologi Pangan
    25. Teknologi Industri Pertanian
    26. Farmasi
    27. Teknik Geologi;
  10. Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif;
  11. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua;
  12. Rekening Listrik Terbaru  (3 bulan terakhir) atau Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Terbaru (3 tahun terakhir);
  13. Foto tempat tinggal tampak depan;
  14. Foto Kendaraan yang dimiliki (optional);
  15. Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki;
  16. Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-;
  17. Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah di tanda tangani di atas materai Rp. 6.000,-;
  18. Bagi peserta yang bukan penerima KIP Kuliah harus mengunggah Formulir Kesanggupan Untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (format dapat diunduh);
  19. Bagi peserta bukan penerima KIP Kuliah, harus mengunggah bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank;
  20. Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.6.000 (format dapat diunduh);
  21. File foto dengan pose resmi seperti untuk keperluan ijazah dengan format JPG atau PDF, maksimum 1 MB

Berikut ini adalah tata cara atau ketentuan tambahan dalam melakukan registrasi:

    1. Dokumen persyaratan registrasi yang diunggah harus berupa format digital (JPG atau PDF) dengan ukuran file maksimal adalah  1MB.
    2. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa dan akan menghubungi ke nomor handphone atau alamat email yang bersangkutan jika menemukan dokumen yang tidak valid.
    3. Calon mahasiswa non Bidikmisi harus membayar uang kuliah di salah satu bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran. Bank-bank tersebut adalah:
      1. Bank BCA, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
      2. Bank BJB, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
      3. Bank BNI, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
      4. Bank BRI, melalui ATM, Teller, atau Agen BRILink.
      5. Bank BTN, melalui ATM atau Teller.
      6. Bank Mandiri, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
      7. Bank BNI Syariah, melalui ATM atau Teller.
      8. Bank BRI Syariah, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
      9. Bank Bukopin Syariah, melalui ATM atau Teller.
      10. Bank Mandiri Syariah, melalui Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
    4. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun juga.
    5. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) diberikan kepada calon mahasiswa setelah semua ketentuan terpenuhi, dan bagi calon mahasiswa yang tidak melaksanakan salah satu persyaratan dan ketentuan di atas sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Padjadjaran.
    6. Jika Calon Mahasiswa tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit di masa pandemi Covid-19 ini maka dokumen yang disyaratkan pada nomor 8, 9, dan 10 dapat diganti dengan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- dan diketahui serta ditandatangani oleh orang tua calon mahasiswa. Format surat pernyataan dapat diunduh di sistem registrasi online Universitas Padjadjaran (https://students.unpad.ac.id/peserta) mulai tanggal 13 April 2020.